SELAMAT DATANG DI BLOG gurumuliyani.my.id | JIKA POSTINGAN MIMIN BERMANFAAT, JANGAN LUPA KLIK TOMBOL SHARE YAAA ^^

Kamis, 04 November 2021

SERBI - SRB Berbagi Episode 5: KOLABORASI DENGAN K3MI KAB. TABALONG, 33 ORANG KEPALA MADRASAH MENGIKUTI SOSIALISASI BEST PRACTICE SAHABAT RUMAH BELAJAR KALSEL 2021

 


Assalamu'alaykum Bapak/Ibu hebat semuaa..

Salam sehat dan kreatif dari saya, Muliyani Olvah..

Mengawali hari baru, tepatnya hari Kamis, 4 November 2021, saya kembali melanjutkan misi saya untuk berbagi dan berkolaborasi dengan sebanyak mungkin instansi, guru, maupun kepala sekolah di Kab. Tabalong.

Pada episode kali ini, saya akan menuliskan tentang bagaimana saya berkolaborasi dengan Kelompok Kerja Kepala Madrasah Ibtidaiyah Kab. Tabalong, dalam acara rutinitas K3MI yang kali ini bertempat di MIS Nurul Wahidah Padangin.

Untuk Bapak/Ibu hebat yang ingin mengikuti liputan SERBI - SRB Berbagi dari awal, silahkan klik tautan di bawah ini :
EPISODE SERBI - SRB BERBAGI (MULIYANI OLVAH - SRB KALSEL 2021)

Kegiatan SERBI - SRB Berbagi saya hari ini di bertempat di salah satu MI Swasta di desa Padangin, yaitu MIS Nurul Wahidah Padangin. Tempat sosialisasi kali ini sangat berkesan bagi saya, karena tempat ini memiliki koneksi internet yang kurang stabil. Beruntung, salah satu guru di MIS Nurul Wahidah mau membantu saya, sehingga akhirnya saya bisa melakukan presentasi dengan baik meskipun koneksi internet di daerah tersebut kurang baik.

Kegiatan SERBI - SRB Berbagi saya di K3MI ini sebelumnya sudah mendapatkan ijin dari Ketua K3MI, yaitu pak Pahrin. Selain itu, dalam kegiatan K3MI ini, juga hadir Kepala Seksi Pendidikan Madrasah (Kasi Penmad) Kab. Tabalong, Bapak H. Khairi.


Sebelum memulai sosialisasi, dikarenakan bertepatan dengan bulan Maulid, maka pada Kepala Madrasah memulai kegiatan dengan membaca syair maulid terlebih dahulu, setelah itu baru saya mengisi kegiatan K3MI dengan sosialisasi best practice yang saya lakukan di kelas saya.


Setelah kegiatan pembacaan syair Maulid selesai dilaksanakan, kegiatan dilanjutkan dengan sosialisasi best practice sebelum acara K3MI dilanjutkan.

Saya memulai kegiatan sosialisasi ini seperti biasa, yaitu dengan memperkenalkan diri sebagai Sahabat Rumah Belajar Kalimantan Selatan Tahun 2021, dan juga sebagai seorang guru di MIN 8 Tabalong. Saya juga memperkenalkan kegiatan pembaTIK yang merupakan kegiatan untuk meningkatkan kemampuan TIK guru yang memiliki 4 level, sesuai dengan standar UNESCO.

Paparan saya dilanjutkan dengan penjelasan tentang Portal Rumah Belajar beserta dengan fitur-fiturnya yang memudahkan guru dan siswa dalam melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Bank Soal, Kelas Digital, Buku Sekolah Elektronik, Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan, Peta Budaya, Wahana Jelajah Angkasa, maupun Edugame.


Banyak Kepala Madrasah yang tertarik ketika saya menjelaskan tentang fitur-fitur pada Portal Rumah Belajar. Salah satunya adalah Bapak Suhaimi, Kepala Madrasah MIN 10 Tabalong. 

"Menurut saya, Portal Rumah Belajar adalah sebuah aplikasi yang menarik dan bermanfaat untuk guru maupun siswa. Saya harap, bu Muliyani nantinya bisa menyampaikan penjelasan tentang Portal Rumah Belajar, maupun model pembelajarannya pada guru-guru saya di MIN 10 Tabalong nanti," harap pak Suhaimi.

Tentu saja harapan pak Suhaimi, maupun harapan Kepala Madrasah yang lainnya membuat saya lebih bersemangat untuk berbagi dan berkolaborasi dengan berbagai elemen di Kementerian Agama Kab. Tabalong.

Selanjutnya, saya memaparkan tentang best practice saya, bagaimana saya mengintegrasikan Portal Rumah Belajar dengan model pembelajaran Flipped Classroom yang merupakan model pembelajaran yang menurut saya sangat cocok di aplikasikan dalam masa Pembelajaran Tatap Muka Terbatas ini.

Bapak/Ibu hebat yang ingin mengetahui lebih jelas tentang best practice yang saya laksanakan di kelas saya, bisa klik tautan di bawah ini :

BEST PRACTICE : PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM MEMANFAATKAN APLIKASI RUMAH BELAJAR PADA KELAS VI DI MIN 8 TABALONG

Tidak lupa di akhir pemaparan saya, saya sampaikan tantangan yang saya hadapi ketika melaksanakan best practice di kelas VI MIN 8 Tabalong, serta solusi yang bisa saya tawarkan yang saya lakukan di kelas saya sebagai bahan pertimbangan jika ternyata terdapat tantangan yang sama yang Bapak/Ibu hebat temui ketika ingin melakukan praktik baik seperti yang saya lakukan.

Untuk Bapak/Ibu hebat yang ingin melihat lebih lengkap paparan yang saya sampaikan saat sosialisasi, silahkan klik tautan di bawah ini :

PAPARAN SOSIALISASI BEST PRACTICE SRB KALSEL 2021 - MULIYANI OLVAH

Diakhir sosialisasi, tidak lupa saya ajak semua Kepala Madrasah yang berhadir dalam acara K3MI tersebut untuk sama-sama mengucapkan tagline Rumah Belajar, yaitu Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja. Saya juga tidak lupa untuk membagikan kenang-kenangan berupa stiker yang saya print sendiri, agar mereka senantiasa ingat bahwa ada sebuah portal bernama Portal Rumah Belajar yang memiliki fitur-fitur yang lengkap yang bisa dimanfaatkan oleh guru dan siswa di madrasah mereka masing-masing.

Demikian pemaparan kegiatan berbagi dan berkolaborasi di K3MI Kab. Tabalong kali ini. Mudah-mudahan Bapak/Ibu hebat bisa mengambil hal-hal yang baik yang bisa Bapak/Ibu simpulkan dari kegiatan saya kali ini.

Silahkan Bapak/Ibu berikan feedback untuk membangun blog ini di kolom komentar yaa ^^

Catatan :

Untuk daftar hadir kegiatan kali ini, Bapak/Ibu hebat bisa lihat di LINK INI.

Dokumentasi lengkap bisa dilihat di LINK INI.

Jangan lupa untuk menyimak setiap EPISODE SERBI - SRB Berbagi di blog ini yaa.

Sampai jumpa di episode selanjutnya ^^

Salam Rumah Belajar

Belajar Dimana Saja, Kapan Saja, Dengan Siapa Saja



 





Lokasi: Padangin, Tanta, Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, Indonesia

0 komentar:

Posting Komentar